REKAYASA PERANGKAT LUNAK




haii haii hallo semua, selamat pagi,siang,malam,sore, dll.  Hehehe:v .
Dalam artikel ini, saya akan membahas  sedikit tentang rekayasa perangkat lunak .
pernakah sewaktu -waktu di saat kalian sedang bermain game bermain facebook,instagram,whatshap dan aplikasi-aplikasi lain nya.  
Dan di saat itu terlintas pertanyaan-pertanyaan seperti, siapa yang membuat aplikasi tersebut?. mengapa aplikasi tersebut bisa beroprasi ??. bagaimana cara membuat nya??. program apa yang dijalankan nya? dan terpikir kan untuk membuat aplikasi yang serupa atau bahkan lebih bagus lagi.
 yap, jika kalian pernah berpikiran seperti itu. maka artikel ini akan membantu kalian memahami sedikit dari banyak nya pengetahuan tentang rekayasa perangkat lunak  ..
oke langsung saja ke sajian utama nya. Cekidot..

A. apa itu rekayasa perangkat lunak (RPL)

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Kesimpulan nya rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna. sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak






B.sejarah yang melatarbelakangi rekayasa perangkat lunak (RPL)


Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini kemampuan teknik manusia sudah tertanam secara alami. Hal ini ditandai dengan kemampuan manusia purba untuk membuat peralatan-peralatan dari batu. Dengan kata lain, teknik pada mulanya didasari dengan metode coba dan ralat (trial and error) untuuk menciptakan alat yang mempermudah kehidupan manusi. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mulai berkembang dan mulai mengubah cara pandang manusia terhadap bagaimana alam kerja.
            Perkembangan ilmu pengetahuan inilah yang kemudian mengubah cara teknik bekerja hingga seperti sekarang ini. Orang tidak lagi begitu mengandalkan metode coba dan ralat dalam menciptakan atau mendesain peralatan, melainkan lebih mengutamakan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.
            Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan istilah software engineering dalam konferensi tersebut menimbulkan perdebatan tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, ada banyak pihak yang menganggap bahwa konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak.


C.faktor-faktor muncul nya rekayasa perangkat lunak (RPL)
1.Ketidakmampuan organisasi memprediksi waktu, usaha dan biaya untuk membangun perangkat lunak
2.Perubahan rasio biaya perangkat keras terhad harga perangkat lunak
3.Kemajuan pesat perangkat keras
4.Kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat lunak
5.Tuntutan yang lebih tinggi terhadap jumlah perangkat lunak
Tuntutan yang lebih tinggi terhadap mutu perangkat lunak
Meningkatnya peran pemeliharaan


D.tujuan rekayasa perangkaat lunak (RPL)
1.            Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.            Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
3.            Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
4.            Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah


E.Prospek kerja rekayasa perangkat lunak (RPL)


1.Game Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

2.Software Tester - Terkait dengan ukuran perangkat lunak, ia dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.

3.Computer Network / Data Communication Engineer - Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan danpengelolaan jaringan dalam suatuinstansi atauperusahaan.

4.Web Engineer / Web Administrator - Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

5.Software Engineer - Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.

6.System Analyst dan System Integrator - Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
https://goo.gl/images/5hC5Mp

7.Intelligent System Developer - Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll

8.Programmer - Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

9.Konsultan IT - Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

10.Database Engineer / Database Administrator - Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.


Nah, itulah tadi beberapa bahasan tentang rekayasa perangkat lunak, walaupun sedikit semoga tetap menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat menjadi patokan teman-teman, untuk terus memperdalam dunia pemrograman.
 Sebenarnya artikel ini saya buat untuk memenuhi salah satu nilai tugas saya, dalam mata kuliah REKAYASA PERANGKAT LUNAK di universitas dehasen bengkulu. yang sepertinya akan membuat saya bergelut kembali dalam dunia BLOGGING hehehe.. :)
 sampai jumpa di artikel yang berikut nya dada.....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CPM (Critical Path Method) dan PERT (Program Evaluation and Review Technique)

METODE PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK

Fourth Generation Techniques (4GT)