REKAYASA PERANGKAT LUNAK
haii
haii hallo semua, selamat pagi,siang,malam,sore, dll. Hehehe:v .
Dalam
artikel ini, saya akan membahas sedikit tentang
rekayasa perangkat lunak .
pernakah
sewaktu -waktu di saat kalian sedang bermain game bermain
facebook,instagram,whatshap dan aplikasi-aplikasi lain nya.
Dan di
saat itu terlintas pertanyaan-pertanyaan seperti, siapa yang membuat aplikasi
tersebut?. mengapa aplikasi tersebut bisa beroprasi ??. bagaimana cara membuat
nya??. program apa yang dijalankan nya? dan terpikir kan untuk membuat aplikasi
yang serupa atau bahkan lebih bagus lagi.
yap, jika kalian pernah berpikiran seperti itu.
maka artikel ini akan membantu kalian memahami sedikit dari banyak nya
pengetahuan tentang rekayasa perangkat lunak ..
oke
langsung saja ke sajian utama nya. Cekidot..
A.
apa itu rekayasa perangkat lunak (RPL)
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Kesimpulan nya rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna. sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak
B.sejarah yang melatarbelakangi rekayasa perangkat lunak (RPL)
Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini
kemampuan teknik manusia sudah tertanam secara alami. Hal ini ditandai dengan
kemampuan manusia purba untuk membuat peralatan-peralatan dari batu. Dengan
kata lain, teknik pada mulanya didasari dengan metode coba dan ralat (trial and
error) untuuk menciptakan alat yang mempermudah kehidupan manusi. Seiring
dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mulai berkembang dan mulai mengubah
cara pandang manusia terhadap bagaimana alam kerja.
Perkembangan
ilmu pengetahuan inilah yang kemudian mengubah cara teknik bekerja hingga
seperti sekarang ini. Orang tidak lagi begitu mengandalkan metode coba dan
ralat dalam menciptakan atau mendesain peralatan, melainkan lebih mengutamakan
ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.
Istilah
software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan
sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang
software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski
penggunaan istilah software engineering dalam konferensi tersebut menimbulkan
perdebatan tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak,
ada banyak pihak yang menganggap bahwa konferensi tersebutlah yang menjadi awal
tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak.
C.faktor-faktor muncul nya rekayasa perangkat lunak (RPL)
1.Ketidakmampuan organisasi memprediksi waktu, usaha
dan biaya untuk membangun perangkat lunak
2.Perubahan rasio biaya perangkat keras terhad harga
perangkat lunak
3.Kemajuan pesat perangkat keras
4.Kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat
lunak
5.Tuntutan yang lebih tinggi terhadap jumlah perangkat
lunak
Tuntutan yang lebih tinggi terhadap mutu perangkat
lunak
Meningkatnya peran pemeliharaan
D.tujuan rekayasa perangkaat lunak (RPL)
1. Memperoleh
biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2. Menghasilkan
pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
3. Menghasilkan
perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
4. Menghasilkan
perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
E.Prospek kerja rekayasa perangkat lunak (RPL)
1.Game Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang
diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll,
seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat
lunak untuk multimedia game.
2.Software Tester - Terkait dengan ukuran perangkat
lunak, ia dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang
bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.
3.Computer Network / Data Communication Engineer -
Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan
danpengelolaan jaringan dalam suatuinstansi atauperusahaan.
4.Web Engineer / Web Administrator - Bertugas merancang
dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di
atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan
mengembangkannya.
5.Software Engineer - Berperan dalam pengembangan
perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk
pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat
lunak untuk model dan simulasi.
6.System Analyst dan System Integrator - Berperan
dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan
dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
https://goo.gl/images/5hC5Mp
7.Intelligent System Developer - Dengan berbagai
teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika
juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti
sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll
8.Programmer - Baik sebagai system programmer atau
application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai
bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media,
instansi pemerintah, dan lain-lain.
9.Konsultan IT - Berperan dalam perencanaan dan
pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
10.Database Engineer / Database Administrator -
Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data
warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.
Nah,
itulah tadi beberapa bahasan tentang rekayasa perangkat lunak, walaupun sedikit
semoga tetap menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat menjadi patokan teman-teman,
untuk terus memperdalam dunia pemrograman.
Sebenarnya artikel ini saya buat untuk
memenuhi salah satu nilai tugas saya, dalam mata kuliah REKAYASA PERANGKAT
LUNAK di universitas dehasen bengkulu. yang sepertinya akan membuat saya
bergelut kembali dalam dunia BLOGGING hehehe.. :)
sampai jumpa di artikel yang berikut nya
dada.....
iya.. trimakasih ibuk :)
BalasHapus